Pernah Terlibat Kisruh Partai Demokrat, Moeldoko Absen di Acara Pelantikan AHY Jadi Menteri ATR

pernah-terlibat-kisruh-partai-demokrat-moeldoko-absen-di-acara-pelantikan-ahy-jadi-menteri-atr

Kepala Staf Kepresidenan Jenderal (Purn) Moeldoko tidak hadir dalam pelantikan Ketua Umum Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono sebagai Menteri Agraria dan Tata Ruang/Kepala Badan Pertanahan Nasional (ATR/BPN).

Selain Agus Harimurti Yudhoyono (AHY), Presiden Joko Widodo juga melantik Hadi Tjahjanto sebagai Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan (Menko Polhukam).

Hubungan antara Moeldoko dan AHY, memang punya sejarah kurang harmonis, ketika konflik sengketa Partai Demokrat yang sebelumnya terjadi.

Moeldoko diangkat menjadi Ketua Umum Partai Demokrat dalam kongres luar biasa (KLB) yang digelar di Hotel The Hill Sibolangit, Deli Serdang, Sumatera Utara, Jumat (5/3/2021).

KLB tersebut dimotori Darmizal, Johnny Allen, Yus Sudarso, Tri Yulianto, Syofwatillah Mohzaib, Ahmad Yahya. Kemudian kader senior Partai Demokrat seperti Max Sopacua dan Hencky Luntungan.

Baca Juga: Begini Langkah AHY soal Nasib Para Kader yang Dukung Moeldoko di KLB Deli Serdang

Kisruh internal Partai Demokrat ini berakhir setelah Mahkamah Agung (MA) menolak permohonan Peninjauan Kembali atau PK tentang kepengurusan Partai Demokrat versi KLB Demokrat kubu Moeldoko.

Dalam putusan Nomor 128 PK/TUN/2023 MA menilai dualisme kepengurusan itu merupakan masalah internal partai yang harus diselesaikan melalui mekanisme Mahkamah Partai.

Namun AHY tidak berkomentar banyak mengenai tidak hadirnya Moeldoko saat pelantikan dirinya sebagai Menteri ATR.

Ia memilih fokus terhadap tugas yang diberikan Presiden Jokowi kepada dirinya dalam memimpin Kementerian ATR/BPN.

“Tadi ada penekanan dari Pak Jokowi, hal-hal yang menjadi prioritas. Di antaranya melakukan transformasi sertifikat elektronik, ini bisa menekan segala bentuk kasus sengketa tanah karena carut marut data dan dimanfaatkan oleh mafia tanah,” ujar AHY.

Baca Juga: Ini Pesan Wapres Ma’ruf Amin untuk Hadi Tjahjanto dan AHY yang Baru Dilantik jadi Menteri

Alasan Tak Hadir
Moeldoko angkat bicara terkait ketidakhadiran dirinya saat pelantikan AHY menjadi Menteri ATR.

Melalui Instagram pribadinya, Moeldoko memberikan selamat kepada Hadi Tjahjanto dan AHY yang telah dilantik Presiden Jokowi.

Ia juga menjelaskan tidak bisa hadir dikarenakan sedang tugas di luar negeri menghadiri konferensi FAO Asia Pasifik. Forum tersebut dihadiri oleh 34 delegasi negara, termasuk Indonesia.

Di media sosial tersebut Moeldoko juga mengunggah foto saat dirinya berbicara di forum konferensi FAO Asia Pasifik.

Baca Juga: AHY: 9 Tahun Terakhir Ketidakadilan dan Kemunduran Demokrasi Dirasakan Masyarakat

“Yang cari saya hari ini, tenang-tenang. Saya ada di sini. Saya sedang menjadi pembicara konferensi FAO Asia Pasifik yang dihadiri oleh 34 delegasi negara. Saya memaparkan tiga prioritas transformasi pertanian dan pangan untuk menghadapi krisis pangan di Asia Pasifik,”

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*