Diplomasi Tingkat Tinggi, Trik Jokowi ‘Rayu’ Pangeran Arab

Diplomasi Tingkat Tinggi, Trik Jokowi ‘Rayu’ Pangeran Arab

Presiden RI Jokowi bersama Raja Arab Mohammed bin Salman di KTT g20 Bali, Indonesia (Tangkapan Layar Youtube)

Presiden Joko Widodo (Jokowi) bercerita ketika dirinya meminta tambahan kuota haji kepada Pangeran Arab Saudi Mohammed bin Salman. Hal itu terjadi ketika kunjungan kerjanya ke Arab Saudi beberapa waktu lalu.

“Satu bulan lalu saya ke Arab Saudi dua kali, yang pertama dengan bilateral Indonesia – Arab Saudi, kedua menghadiri Gaza Summit, nah di acara yang pertama setelah bicara serius urusan investasi perdagangan, lalu makan siang dengan yang mulia Pangeran Mohammed bin Salman beserta menterinya,” kata Jokowi pada Raker dan Milad ke-6 BPKH di Istana Negara, Selasa (12/12/2023).

Kemudian ketika makan https://gameskas138.shop/ siang ia melihat peluang karena situasi yang cukup mendukung. Sehingga ia mengungkapkan langsung bahwa waktu tunggu jamaah haji di Indonesia kini sudah mencapai 40 tahun untuk beribadah.

“Saya sampaikan, yang mulai calon jamaah haji di Indonesia menunggu sampai 40 tahun untuk beribadah haji ‘bener?’ Ya benar yang mulia masa saya bohong (Jokowi disambut tawa), mohon berkenan yang mulia berikan tambahan kuota haji,” ucap Jokowi.

Malamnya ia langsung mendapatkan kabar baik dari Duta Besar Untuk Indonesia di Arab Saudi bahwa Presiden Arab Saudi itu memberikan tambahan kuota sebanyak 20.000 jamaah.

“Jadi kalau minta sesuatu jangan pas serius, pas makan siang, makan malam, yang enak-enak yang dulu pas makan saya sampaikan juga dapat tambahan 10.000 kalau nggak salah. Kalau pas serius bilateral ngomongnya formal ya nggak dapet,” katanya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*