Bukan GenZ, Ternyata Ini Generasi Paling Candu iPhone!

Para tamu melihat iPhone 14 baru di acara Apple di kantor pusat mereka di Cupertino, California, Amerika Serikat, Rabu (7/9/2022). (REUTERS/Carlos Barria)

Gen Z yang selama ini dikenal militan menggunakan iPhone ternyata bukan generasi yang paling candu dengan HP buatan Apple tersebut. Setidaknya begitu menurut studi terbaru dari jaringan firma riset internasional CIRP.

Dalam penelitian terbarunya, CIRP mengidentifikasi seberapa cepat orang mengganti atau memperbaiki iPhone, iPad, dan Mac, ketika rusak. Subjek penelitian dibagi ke dalam 6 kelompok umur.

Hasilnya, ternyata kelompok umur 18-24 tahun yang masuk dalam kategori Gen Z adalah yang paling lelet memperbaiki iPhone-nya ketika rusak. Hal ini membuktikan tingkat ketergantungan mereka terhadap perangkat tersebut tak terlalu besar.

Hanya 27% yang mengaku segera memperbaiki iPhone mereka, yakni dalam waktu 24 jam pasca rusak. Sebanyak 32% akan menyambangi layanan perbaikan ponsel dalam 2 hari.

Hal tersebut berbeda dengan kelompok usia 45-54 tahun yang masuk dalam kategori Gen X. Sebanyak 59% mengaku akan langsung memperbaiki atau mengganti iPhone ketika rusak di hari itu juga.

Selanjutnya, sebanyak 57% kelompok usia 55-64 tahun (Gen X akhir -Boomers) juga melakukan hal serupa. Di posisi ketiga yang paling gerak cepat adalah kelompok usia 25-34 (Gen Z akhir – millennials), yakni 50%.

Lalu, kelompok usia 34-44 (millenials – Gen X awal) sebanyak 46% dan kelompok usia 65 tahun ke atas (boomers) sebesar 45%, dikutip dariĀ 9to5mac, Kamis (13/4/2023).

CIRP mencatat, ada beberapa faktor yang menentukan seberapa cepat orang memperbaiki iPhone mereka. Antara lain ketersediaan dana, akses ke Apple Store atau gerai servis, serta ada/tidaknya perangkat cadangan.

Namun, CIRP mengungkap bahwa tiap generasi memiliki perbedaan karakter yang jelas. Untuk iPad dan Mac, tren serupa pun terjadi. Generasi lebih tua cenderung akan langsung memperbaiki perangkat mereka ketimbang yang lebih muda.

Bagaimana dengan Anda?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*